buitenzorg

  • blogger.com

Apakah anda tertarik dengan blog saya..???

mbegz

mbegz
....in the kost.....

Laman

Powered By Blogger

Selasa, 11 Mei 2010

Rukun Islam

Rukun Islam

Rukun Islam terdiri dari 5 perkara :
  • Mengucap dua kalimah syahadat dan  menerima bahwa Allah swt itu tunggal dan Nabi Muhammad saw itu rasul (utusan) Allah.
  • Menunaikan shalat 5 kali sehari
  • Mengeluarkan Zakat
  • Berpuasa pada bulan Ramadhan
  • Menunaikan ibadah haji bagi mereka yang mampu.
Syahadat
Rukun pertama : Bersaksi bahwa tiada Ilah yang berhak di sembah secara hak melainkan Allah dan Muhammad adalah utusan Allah.
Syahadat (persaksian) ini memiliki makna yang harus di ketahui seorang muslim berikut di amalkannya. Adapun orang yang mengucapkannya secara Lsan namun tidak mengetahui maknanya dan tidak mengamalkannya maka tidak ada manfaat sama sekali dengan syahadatnya.

Makna "La ilaha Illallah"
Yaitu tidak ada yang berhak di ibadahi secara hak di bumi maupun di langit melainkan Allah lwt. Dialah illah yang haksedangkan ilah (sesembahan) selain-Nya adalah bathil. Sedang ilah maknanya ma'bud (yang diibadahi). Artinya secara harfiah adalah : "Tiada Tuhan Selain Allah"
  • Orang yang beribadah kepada selain Allah adalah kafir dan  musyrik terhadap Allah sekalipunn yang ia sembah itu seorang nabi atau wali. Sekalipun ia beralasan supaya bisa mendekatkan diri kepada Allah ta'ala dan bertawasul kepadanya. Sebab orang-orang musyrik dahulu menyelisihi rasul, mereka tidak menyembah para nabi dan wali dan orang saleh melainkan dengan memakai alasan ini. Akan tetapi itu merupakan alasan batil lagi tertolak. Sebab mendekatkan diri kepada Allah ta'ala dan bertawasul kepada-Nya tidak boleh dengan cara menyelewengkan ibadah kepada selain Allah. Melainkan dengan hanya mengggunakan nama-nama dan sifat-Nya, dengan perantaraan amal saleh yang diperintahkan-Nya seperti shalat, shodaqoh, dzikir, puasa, jihad, haji, bakti kepada orang tua dll, demikian pula dengan perantara doanya serang mukmin yang masih hidup dan haddir di hadapannya ketika mendoakan.
Ibadah beraneka ragam :
  • Diantaranya doa yaitu memohon kebutuhan dimana hanya Allah yg mampu melakukannya seperti menurunkan hujan, menyembuhkan orang sakit, menghilangkan kesusahan yg tidak mampu dilakukan makhluk. Seperti pula memohon surga dan selamat dari neraka, memmohon keturunan,rizki,kebahagiaan dsb.
  • Semua ini tidak boleh dimohonkan kecuali kepada Allah. Siapa yg memohon hal itu kepada makhluk baik msh hidup atau sudah mati berarti ia telah menyembahnya. Allah ta'ala berfiirman memerintahkan hamba-hambanya supaya berdoa hanya kepada-Nya berikut mengabarkan bahwa satu bentuk ibadah. Siapa yg menunjukannya kepada selain Allah maka ia termasuk penghuni neraka. "dan robmu berfirman :
" berdoalah kepada-Ku, niscaya kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yg menyombongkan diri dari menyembah-Ku (yakni berdoa kepada-Ku) akan masuk neraka dalam keadaan hina dina (Al-mukmin :60).

Allah ta'ala berfirman mengabarkan bbahwa semua yg diseru selain Allah tidak memiliki manfaat atau madhorot untuk serangpun yg diseru itu nabi-nabi atau para wali.

Diantara macam ibadah : Menyembelih binatang, bernazar dan mempersembahkan hewan qurban.
  • Tidak sah seseorang bertaqarrub (mendekatkan diri kepadda Allah) dgn cara menyembelih binatang atau mempersembahkan hewan kurban atau bernazar kecuali hanya ditujukan kepada Allah semata. Barangsiapa menyembelih karena selain Allah seperti orang yg menyembelih demi kuburan atau jin berarti ia telah menyembah selain Allah dan berhak mendapat Laknat-Nya. 
Diantara bentuk ibadah : Istiighosah (memohon bantuan), Istianah (memohon pertolongan) dan Istiadzah (memohon perlindungan).
  • Tidak ada yang boleh dimintai bantuan apappun pertolongan apapun kecuali Allah saja. Allah ta'ala berfirman dalam Al Quran Al Karim :
Hanya kepada-Mu kami menyembah dan hanya kepada-Mu kami memohon pertolongan (Al fatihah 4)
Katakanlah : Aku berlindung kepada Robb yang menguasai Subuh, dari kejahatan Makhluk-Nya (Al falaq 1-2)

























Tidak ada komentar:

Posting Komentar