buitenzorg

  • blogger.com

Apakah anda tertarik dengan blog saya..???

mbegz

mbegz
....in the kost.....

Laman

Powered By Blogger

Sabtu, 08 Mei 2010

Sistem Operasi (OS)

Sistem Operasi (OS)

Sistem Operasi (Operating System) adalah Perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.

Secara umum, Sistem Operasi adalah  Software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah sistem operasi berjalan, dan sistem operasi akan menjalankan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tsb, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh OS. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tsb dinamakan dengan "Kernel" suatu sistem operasi.

Pendahulauan
Biasanya, istilah sistem operasi sering ditujukan pada semua software yang masuk dalam satu paket dengan sistem kopmuter sebelum aplikasi-aplikasi software terinstall. Dalam ilmu komputer  OS adalah Perangkat  lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.
Secara umum, OS adalah Software pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer saat komputer dinyalakan. Sementara software-software lainnya dijalankan setelah sistem operasi bejalan, dan sistem operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tsb seperti akses kedisk, manajemen memori, skeduling task dan antar-muka user. Sehingga masng-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tsb, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh OS.
Kalau sistem komputer terbagi dalam lapisan-lapisan, maka OS adalah Penghubung antara lapisan software dan hardware. Lebih jauh daripada itu, OS melakukan tugas-tugas penting dalam komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan bersamaan dengan lancar. OS menjamin aplikasi software lainnnya dapat menggunalan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain, dan memiliki akses ke sistem file. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka OS mengatur scedul (jadwal) yang tepat, shg sedapat mungkin semua prosesyang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk mengunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu.
Dalam banyak kasus, OS menyediakan suatu pustaka dari fungsi-fungsi standar, dimana aplikasi lain dapat memanggil fungsi-fungsi itu, shg  dalam setiap pembuatan program baru, tidak perlu membuat fungsi-fungsi  tersebut dari awal.
Sistem operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian :
  1. Mekanisme Boot, yaitu melakukan Kernel kedalam memory
  2. Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi
  3. Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari user
  4. Pustaka-pustaka yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
  5. Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal dan sekaligus untuk mengontrol mereka.













   











 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar