buitenzorg

  • blogger.com

Apakah anda tertarik dengan blog saya..???

mbegz

mbegz
....in the kost.....

Laman

Powered By Blogger

Selasa, 11 Mei 2010

Sejarah IsLam

Islam berawal pada tahun 622 ketika wahyu pertama kepada rasul yang terakhir yaitu Muhammad saw bin Abdullah di Gua Hira', Arab saudi. Sejarah islam menceritakan sejarah islam sampai sekarang.

Pendahuluan

Risalah islam dilanjutkan oleh Nabi Muhammad s.a.w di jazirah Arab pada abad ke-7 masehi ketika Nabi Muhammad s.a.w mendapat wahyu dari Alllah swt. Setelah kematian Rasullullah saw kerajaan islam berkembang  hingga Samudera Atlantik dan Asia Tengah di Timur.
Namun, kemunculan kerajaan-kerajaan Islam seperti Kerajaan Umayyah, Abbasiyyah, Turki Seljuk, dan Kekhalifahan Ottoman, Kemaharajaan Mughal, India dan Kesultanan Malaka telah menjadi kerajaan yang besar di dunia. Banyak ahli-ahli sains, ahli filsafat dsb muncul dari negeri-negeri islam terutama pada jaman Emas Islam. Karena banyak kerajaan Islam yang terakhir tumbang.
Jazirah Arab sebelum kedatangan Islam merupakan sebuah kawasan yang dilalui oleh Jalur sutera. Kebanyakan Bangsa Arab merupakan penyembah berhala dan sebagian merupakan pengikut Kristen dan Yahudi. Mekkah adalah tempat suci bangsa Arab ketika itu karena terdapat berhala-berhala mereka dan telaga Zam-zam dan yang paling penting sekali serta ka'bah yang di dirikan nabi Ibrahim beserta Ismail.
Nabi Muhammad saw, di lahirkan di Mekah pada tahun Gajah yaitu 570 masehi.. Ia merupakan seorang anak yatim sesudah kedua orang tuanya meninggal dunia. Muhammad akhirnya di besarkan oleh pamannya, Abu Thalib. Muhammad menikah dengan Siti Khadjah dan menjalani kehidupan yang bahagia. Namun ketika Muhammad saw berusia 40 tahun, beliau di datangi Malaikat Jibril sesudah beberapa waktu Muhammad mengajar ajaran Islam secara tertutup kepada rekan-rekan terdekatnya, yang di kenal sebagai ""as-Sabiqun al-Awwalun (Orang-orang yang pertama memeluk islam)" dan seterusnya secara terbuka kepada seluruh penduduk mekkah.
Pada tahun 622 masehi, Muhammad dan pengikutnya hijrah ke madinah. Peristiwa ini di sebut Hijrah. Peristiwa lain yang terjadi setelah hijrah adalah pembuatan kalender Hijriyyyah.
Penduduk Mekkah dan madinah ikut berperang bersama nabi Muhammad saw dengan hasil yang baik walaupun ada di antaranya kaum islam yang tewas. Lama kelamaan kaum muslimin menjadi kuat, dan berhasil menaklukan kota Mekah. Setelah Nabi Muhammad saw wafat, seluruh jazirah Arab di bawah penguasaan Islam. 
Islam di Indonesia
Islam telah di kenal di Indonesia pada abad pertama hijriyah atau 7 masehi dalam frekuensi yang tidak terlalu besar hany melalui perdagangan dengan para pedagang muslim yang berlayar ke Indonesia untuk singgah untuk beberapa waktu. Pengenalan islam lebih Intensif, khususnya di Semenanjung Melayu dan Nusantara, yang berlangsung beberap abad kemudian. Selain satu bukti peninggalan islam di Asia Tenggara dua makam muslim dari akhir abad ke-16.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar